Inilah Contoh CV beserta Tips Penulisannya (99% Dilirik oleh HRD)

Contoh CV – Saat melamar pada sebuah perusahaan, hal yang paling utama dan akan selalu menjadi utama adalah surat lamaran kerja dan yang kedua CV. Kedua hal ini perlu anda perhatikan betul-betul dikarenakan kedua hal ini merupakan “pandangan pertama” bagi sebuah perusahaan untuk menilai anda apakah layak bergabung atau tidak.

CV atau yang memiliki nama panjang Curriculum Vitae merupakan sebuah dokumen singkat yang berisi rangkuman data pribadi anda, mulai dari riwayat kehidupan anda sampai dengan riwayat pekerjaan anda.

contoh cv

CV merupakan hal penting yang tidak boleh ditulis asal-asalan. Maka dari itu, simak beberapa tips penulisan CV berikut ini agar nanti lamaran pekerjaanmu berpeluang dilirik oleh pihak HRD:

1. Pahami dasar-dasar penulisan CV

Perlu anda ketahui bahwa tidak ada peraturan muklak untuk penulisan sebuah CV. Meskipun begitu, anda perlu memahami bagian-bagian apa saja yang perlu anda tulis pada CV anda seperti informasi data diri, riwayat pendidikan, keahlian khusus yang anda miliki, pengalaman kerja sampai dengan kontak yang dapat dihubungi. Kontak disini bisa berupa nomor HP atau alamat email yang aktif.

2. Cukup satu halaman saja

Pihak HRD tidak hanya memeriksa CV anda saja melainkan ratusan bahkan ribuan CV yang perlu diperiksa jadi jangan sampai anda membuang-buang waktu pihak HRD dengan menyajikan dua atau lebih lembaran CV. Rangkumlah CV anda sesingkat mungkin tapi memiliki maksud yang jelas dan tidak lebih dari satu halaman.

Selain itu, gunakan ukuran kertas yang standar (A4), jangan gunakan ukuran kertas yang aneh-aneh dan tidak umum.

3. Pastikan Posisi yang Kamu Lamar Sesuai

Pastikan anda melamar posisi pekerjaan yang pas dengan keahlian anda. Jangan sampai anda yang ahli dalam bidang manejemen ekonomi tapi melamar di bagian teknisi komputer, tentu hal tersebut tidak relevan dengan keahlian anda. Dan ketika diwawancari perihal jabatan yang anda ambil, anda akan belepotan menjawabnya, pasalnya anda tidak memahami dengan betul jabatan apa yang anda ambil.

4. Jangan lupa untuk menyertakan pengalaman anda

Pengalaman adalah guru terbaik, ya pepatah tersebut memang benar. Pengalaman yang anda miliki bukan hanya akan menjadi guru terbaik anda, melainkan nilai plus di mata pihak HRD. Pengalaman disini yakni pengalaman yang bersangkutan dengan pekerjaan ya bukan pengalaman aneh-aneh seperti ahli menggombal atau lain sebagainya.

Mungkin anda bertanya-tanya seperti apa sih contoh CV yang baik dan benar? Berikut contoh CV yang bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan :

contoh cv

Itulah beberapa tips yang harus anda terapkan untuk mendapatkan perhatian khusus pihak HRD dan tips-tips diatas akan membuat peluang diterimanya lamaran anda semakin tinggi. Semoga bermanfaat dan terus kunjungi blog diabetescaregroup.info untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. 🙂

Recommended For You

Leave a Comment