Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar beserta Tips Menulisnya

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar – Perlu anda ketahui bahwa banyak perusahaan yang menganggap surat lamaran kerja merupakan hal yang penting dan selalu dipertimbangkan, apakah pemiliki surat lamaran kerja tersebut layak atau tidak diterima di perusahaan mereka.

contoh surat lamaran kerja

Penting sekali bagi anda mengetahui tips apa saja yang diperlukan ketika hendak menulis surat lamaran kerja. Apa saja itu, berikut tips-tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar:

1. Jangan sampai salah menulis nama perusahan

Pertama-tama anda harus memastikan bahwa nama perusahaan di surat lamaran kerja anda nanti benar dan tidak salah, tentu ini sangat memalukan sekali jika menulis nama perusahaan saja sampai mengalami keselahan.

2. Tidak bertele-tele

Ketika membuat surat lamaran kerja, pastikan anda tidak menulisnya secara bertele-tele, selalu gunakan isi yang singkat dan padat. Tidak perlu anda membuat pihak HRD terkesan dengan bahasa yang susah mengerti atau dengan bahasa inggris yang aneh-aneh dan tidak umum.

Tulislah menggunakan bahasa yang berlaku sesuai EYD, dan pastikan anda tidak menuliskan surat lamaran yang lebih dari satu halaman, karena tersebut memakan banyak waktu pihak HRD. Anda tahu sendiri kan bahwa pihak HRD harus memeriksa ratusan lebih surat lamaran kerja? Jadi membuat surat lamaran kerja lebih dari satu halaman sangat tidak disarankan.

3. Tulislah secara manual (opsional)

Menulis surat lamaran secara manual lebih dianjurkan daripada menulisnya menggunakan laptop atau komputer. Meskipun demikian, jika perusahaan ingin ditulis melalui microsoft word dan dikirim secara online, anda harus tetap melakukannya. Tapi jika pihak perusahaan tidak menyuruhnya, lebih baik anda menulisnya secara online, pasalnya pihak HRD juga dapat melihat sifat seseorang dari tulisan mereka, maka dari itu menulis surat lamaran kerja secara manual masih banyak diberlakukan oleh perusahaan.

4. Jangan sebutkan skill anda 

Ada saja yang masih melampirkan kemampuan atau skill yang dimiliki pada surat lamaran kerja, padahal bagian ini seharusnya diletakkan di bagian CV, bukan lamaran pekerjaan.

5. Tetap bersih 

Bersih disini mengacu pada kertas yang anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja, jangan sampai kertas yang anda gunakan kotor, kusut dan tidak layak digunakan. Pasalnya pihak HRD juga sangat memperhatikan masalah ini, jika kertas lamaran kerja anda kotor, maka pihak HRD akan ragu untuk memeriksa surat lamaran kerja yang anda kirim.

6. Jangan lupa nomer HP anda

Masih ada saja yang lupa mencantumkan nomor HP mereka, padahal nomer HP ini sangat diperlukan guna menghubungi anda jika sewaktu-waktu mendapat jadwal wawancara atau interview. Maka dari itu, jangan sampai anda memasukkan nomor HP yang salah atau tidak aktif, apalagi tidak mencantumkan nomer HP, tentu hal ini sangat fatal menurut saya.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang bisa anda gunakan :

contoh surat lamaran kerja

Itulah beberapa tips yang bis anda gunakan untuk menulis surat lamaran kerja beserta contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Tetap kunjungi blog diabetescaregroup.info untuk mendapatkan informasi dan referensi yang bermanfaat dan juga terupdate. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

Leave a Comment