Penyebab dan Gejala Kanker Payudara Ini Wajib Wanita Ketahui

Seperti yang kita ketahui bahwa payudara pada wanita terbentuk dari jaringan ikat atau lemak. Umumnya, pertumbuhan sel-sel pada tubuh kita berkembang biak sebagaimana mestinya, tetapi berbeda dengan penderita kanker payudara, pasalnya sel-sel yang tumbuh pada penderita kanker payudara tidak terkendali dan hal itulah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker payudara.

penyebab dan gejala kanker payudara

Adanya perkembang biakan yang tidak terkendali tersebut membuat munculnya sel-sel abnormal yang berbahaya bagi tubuh kita. Sel-sel tersebut akan menyebar keseleuruh tubuh melalui media transmisi darah. Jika penderita memasukin stadium awal, kanker masih bisa dapat dicegah sebelum semakin menjalar ke anggota tubuh yang lainnya. Maka dari itu, mengenali gejala kanker payudara sejak dini merupakan hal yang amat penting dan perlu anda lakukan.

Hal yang menjadi indikator utama seseorang mengidap kanker payudara adalah adanya benjolan disekitar area payudara. Meskipun demikian, tidak semua benjolan di payudara merupakan gejala kanker payudara. Pasalnya, ada juga penderita kanker payudara yang tidak terdapat benjolan di payudaranya, padahal kanker tersebut sudah mencapai tahapan yang serius.

Rasa gatal di area payudara juga merupakan indikator bahwa seseorang mengidap kanker payudara. Tidak hanya itu, keluaran cairan abnormal/ darah juga merupakan gejala kanker payudara yang benar-benar perlu anda perhatikan.
Apa sajakah penyebab kanker payudara?

1. Riwayat keluarga

Sama halnya dengan kanker lainnya (misalkan kanker serviks), jika keluarga utama anda (ibu,kakak, adik atau anak) menderita salah saut penyakit kanker, misal kanker ovarium atau kanker payudara itu sendiri, maka resiko anda mengidap kanker payudara jaul lebih besar.

Tetapi untuk gejala yang ditimbulkan, gejala kanker serviks berbeda sekali dengan kanker payudara.

2. Usia

Seseorang yang berusia di atas 50 tahun jauh lebih beresiko mengidap kanker payudara. Sebuah survey menunjukkan bahwa hampir 80 persen penyidap kanker payudara berusia diatas 50 tahun.

3. Efek benjolan jinak yang anda miliki

Memiliki benjolan di sekitar area payudara belum tentu menandakan bahwa orang tersebut dipastikan menyidap kanker payudara, pasalny ada juga kasus yang menyebutkan bahwa seseorang dapat terkena kanker payudara tanpa adanya gejala ini (benjolan disekitar payudaranya).

Tapi jika anda memiliki benjolan di area payudara, segeralah hubungi dokter dan konsultasikan hal ini, Jangan sampai anda terlambat dalam penanganan.

4. Paparan sinar radiasi

Bagi anda yang pernah terkena paparan sinar radiasi yang diakibatkan oleh rontgen maupun CT scan, maka anda cenderung memiliki resiko terkena kanker payudara. Meskipun faktor ini jarang sekali, tetapi jika anda mengalaminya, segeralah konsultasikan kepada dokter anda.

5. Obesitas

Memiliki berat badan yang berlebih menyebabkan produksi hormon estrogen meningkat dan hal itulah yang menyebabkan anda cenderung beresiko menyidap kanker payudara.

6. Minuman keras

Jika anda sering mengonsumsi minuman keras, segeralah jauhi hal tersebut karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Mulailah hidup sehat, jauhi minuman keras maupun rokok dalam keseharian anda.

Dengan adanya penjelasan mengenai kanker payudara diatas, semoga anda jadi lebih paham dan mulailah meminimalisir faktor yang menyebabkan seseorang menyidap kanker ini. Rajinlah berolahraga dan konsumsi makanan-makanan yang bernutrisi agar resiko untuk terkena kanker payudara ini semakin kecil.

Recommended For You

Leave a Comment