Resep Kue Batik Rasa Mocca yang Lezat

resep kue batik

Bingung memikirkan bagaimana cara yang tepat untuk memanfaatkan sisa putih telur yang masih tersisa banyak setelah membuat kue lidah kucing, maka Anda bisa mencoba untuk membuat bolu kukus zebra batik dari putih telur. Resep kue batik ini tidaklah sulit, yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana caranya membuat adonan bolu kukus yang tepat dan memanggangnya sehingga kue batik yang Anda buat mengembang dengan sempurna. Selengkapnya seputar kue batik simak berikut ini:

Bahan utama:

  • Siapkanlah 500 ml putih telur
  • Siapkan 200 gram gula pasir
  • Siapkan 1 sendok makan emulsifier atau SP
  • Siapkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh BP
  • Siapkan juga 200 gram tepung terigu dan 25 gram tepung maizena
  • Siapkan 100 ml santan kental
  • 75 gram mentega atau margarin dan lelehkan
  • Terakhir, siapkanlah 2 sendok makan skm dan pasta mocca secukupnya

Cara membuat kue batik:

  1. Resep kue batik yang sederhana dan lezat diawali dengan mengocok putih telur bersamaan dengan beberapa bahan lainnya, seperti gula pasir, emulsifier, garam, dan juga BP hingga adonan yang dikocok menjadi lebih kental dan mengembang, dan setelah mengembang, masukkanlah tepung terigu serta santan bubuk dan aduk kembali hingga tercampur merata.
  2. Tambahkan santai, essence bila Anda menginginkannya, mentega yang sudah dicairkan atau dilelehkan dan skm, aduk hingga tercampur merata.
  3. Setelah adonannya siap, bagilah adonan menjadi 2 bagian, dimana adonan pertama, Anda beri pasta mocca secukupnya dan adonan satu lagi dibiarkan saja berwarna putih tanpa diberikan tambahan pasta mocca atau pasta lainnya.
  4. Tuangkanlah bagian adonan putih secukupnya kedalam loyang tulband yang diameternya mencapai 20 sentimeter, jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan margarine, tuang adonan tersebut ke sekeliling adonan lantas tambahkan adonan kedua atau adonan mocca di bagian tengah adonan putih, lanjutkan dengan menambahkan adonan putih lagi dan adonan mocca lagi, terus lakukan proses ini hingga adonannya habis dan loyang terisi penuh, agar efek batiknya tercipta, Anda bisa menggunakan tusuk gigi untuk menggaris motif batiknya, garis secara perlahan dan hati-hati, hingga motif batik yang Anda inginkan tercipta dengan sempurna
  5. Langkah terakhir pada proses pembuatan kue batik ini adalah dengan mengukus kue selama beberapa menit, sekitar 20 menit atau sampai adonan kuenya matang sempurna, pastikan Anda tidak lupa menutup pancinya dan melapisi tutup pancinya dengan memakai kain bersih sehingga uap airnya tidak menetes dan membasahi adonan karena akan membuat adonan rusak dan tidak mengembang.
  6. Setelah adonan matang, matikan kompor dan biarkan kue kukus menjadi lebih hangat, bila Anda suka makan kue kukus hangat, segera sajikan kue kukus hangat dengan secangkir kopi atau teh, namun bila Anda suka kue kukus yang dingin, Anda bisa menyimpan kue kukus yang sudah didingkan di suhu ruang di lemari es.

Resep kue batik dengan motif zebra di atas cukup mudah untuk diikuti, bukan? Anda yang tidak begitu menyukai rasa mocca, mungkin bisa mengganti pasta mocca dengan pasta coklat saja, hasilnya sama saja, motif batiknya akan berwarna putih dan coklat, bila ingin lebih berkreasi, mungkin Anda bisa menggunakan warna-warna lainnya, seperti warna stroberi atau warna blueberry. Selamat mencoba dan semoga Anda menyukai kue batik yang sederhana dan lezat ini.

Recommended For You

Leave a Comment